Kamis, 20 Desember 2007

”Peuteuy”, Berkhasiat Obat

KITA tentu mengenal peuteuy (Sunda), atau petai. Bahan makanan berbentuk polong besar ini memiliki aroma khusus. Karena baunya itu, para ibu sering menggunakannya untuk mencampur masakan agar berbau khas. Seperti dicampurkan dalam sambal goreng kentang atau sayur lodeh. Karena aromanya yang khas itu, jika kita mengonsumsinya, apalagi dimakan begitu saja (mentah) maka setelahnya mulut kita akan berbau kurang sedap. Bahkan aroma urine kita juga menjadi sangat tidak sedap. Banyak yang tidak mengetahui, di balik baunya itu, buah peuteuy ternyata mengandung tiga macam gula alami, yakni glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dikombinasikan dengan serat.

Kombinasi kandungan ini mampu memberikan dorongan tenaga (sumber energi) yang alami, namun cukup lama dan cukup besar pengaruhnya. Penelitian membuktikan, dua porsi peuteuy mampu memberikan sumber tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas yang tergolong berat selama 90 menit.

Jangan heran jika peuteuy buah yang disukai para atlet top. Riset membuktikan, peuteuy tidak sekadar memberi energi, juga mampu mencegah, bahkan mengatasi berbagai macam penyakit dan kondisi buruk. Sehingga peuteuy menjadi salah satu bahan cukup penting dalam makanan kita sehari-hari. Berikut, beberapa manfaat peuteuy dalam mengobati berbagai penyakit, di antaranya:

Tekanan darah tinggi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah tinggi. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

Kemampuan otak

Sebuah riset membuktikan, buah berkalium tinggi dapat membantu proses belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

Obat mabuk

Salah satu cara paling cepat menyembuhkan "penyakit" mabuk adalah milkshake peuteuy, yang dibuat dengan cara dimaniskan dengan menambahkan madu. Peuteuy membantu menenangkan perut, dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh. Sedangkan susu menenangkan dan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

Menghilangkan depresi

Menurut survei yang dilakukan MIND, di antara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan peuteuy. Hal ini terjadi karena peuteuy mengandung tryptophan, yakni sejenis protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat kita relaks, serta akan memperbaiki minat/hasrat dan secara umum membuat seseorang akan lebih bahagia.

Mengatasi kegemukan

Sebuah penelitian yang dilakukan Institute of Psychology, Austria, menemukan, tekanan pada saat kerja akan menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan, seperti cokelat dan keripik. Melihat 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan, pada umumnya orang menjadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi. Laporan juga menyimpulkan, untuk menghindari nafsu mengonsumsi makanan karena panik, kita membutuhkan pengendalian kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan agar kadarnya tetap.

Mengatasi stres

Kalium adalah mineral penting, yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stres, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.

Mengobati stroke

Sebuah penelitian yang ditulis dalam sebuah jurnal berjudul The New England Journal of Medicine, menyebutkan bahwa mengonsumsi peuteuy sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit stroke sampai 40 persen.

Mengobati luka lambung

Peuteuy digunakan sebagai makanan untuk merawat dan mengobati saluran pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stres dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

Mengatur suhu tubuh

Banyak budaya lain yang melihat bahwa peuteuy sebagai buah "dingin" yang mampu menurunkan suhu tubuh dan mampu mengendalikan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Sebagai contoh, di Belanda, seorang ibu hamil akan makan peuteuy untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

Mengobati sembelit

Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, peuteuy mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, serta membantu mengatasi permasalahan sembelit.

Mencegah sindrom prahaid atau premenstrual syndrome (PMS). Jika anda mengalami PMS saat datang bulan, tidak perlu minum obat apa pun, cukup diatasi dengan makan peuteuy. Karena Vitamin B6 yang terdapat dalam peuteuy dapat mengatur kadar gula darah.

Membantu proses berhenti merokok

Bagi mereka yang gemar merokok, peuteuy dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Karena kandungan Vitamin B6 dan B12 yang terdapat di dalamnya, bersama-sama dengan kalium dan magnesium, akan membantu tubuh dalam proses penyembuhan dari efek penghentian nikotin.

Mencegah anemia

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, peuteuy dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia. Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata peuteuy dapat mengatasi rasa kekenyangan, mual di pagi hari, penyakit emosional yang kacau, untuk penyakit saraf, gigitan nyamuk. Jika membandingkannya dengan buah apel, ternyata peuteuy memiliki kandungan karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, protein 4 kali lebih banyak, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, serta dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Sehinggat dapat dikatakan peuteuy merupakan buah dengan nilai makanan terbaik. (tadinur/sumber-kpn).***


http://www.pikiran-rakyat.com/

Tidak ada komentar: